Sayuran/Buah Mengandung Omega 3



 1. Sayuran hijau.
Selain ikan, 9 makanan ini kaya kandungan omega-3

Walau tidak sepopuler ikan, banyak jenis sayuran hijau juga memiliki omega-3 cukup untuk mengisi kebutuhan harian. Sayuran hijau seperti kubis dan bayam mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Seperti dilansir dari wel curve.in, 100 gram bayam mengandung 370 mg omega-3. Manfaat lain yang didapatkan dari konsumsi sayuran ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu tubuh mengatur aliran darah.

2. Rumput laut dan alga.
Selain ikan, 9 makanan ini kaya kandungan omega-3

Rumput laut banyak diolah menjadi makanan yang sehat dan enak. Dilansir dari medicalnewstoday.com, rumput laut dan alga mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) serta asam docosahexaenoic (DHA) sebagai salah satu jenis omega-3 yang baik. Selain itu, jenis makanan ini juga kaya akan protein, antioksidan, dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

3. Telur omega-3.

Telur juga diperkaya akan omega-3. Mengonsumsi jenis makanan ini bisa membuat tubuh terasupi oleh asam lemak yang baik. Namun perlu diperhatikan juga untuk tetap memerhatikan porsi konsumsinya agar tidak berlebihan.

4. Labu.

Selain mengandung omega-3 yang tinggi, labu juga bisa dijadikan sebagai sumber vitamin C harian yang dapat membantu tubuh membakar lemak. Dilansir dari eatthis.com, dalam satu cangkir labu, terdapat 332 mg kandungan omega-3.

5. Biji chia.

Dalam satu porsi biji chia, terdapat 5 mg omega-3 di dalamnya. Dilansir dari healthline.com, biji chia juga mengandung protein, magnesium, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Kedelai.

Kedelai bisa menjadi salah satu sumber protein nabati yang kaya akan serat. Dilansir dari eatthis.com, satu cangkir kedelai mengandung 671 mg omega-3.

7.. Kacang kenari.

Satu cangkir kacang kenari mengandung 3,346 gr ALA (asam alfa-linolenat), salah satu jenis omega-3. Dilansir dari medicalnewstoday.com, jenis kacang ini merupakan salah satu sumber lemak sehat yang bisa dicampur dengan berbagai macam makanan.

8. Buah.

Mengonsumsi buah-buahan secara teratur dapat membantu tubuh memenuhi asupan omega-3. Buah tersebut misalnya mangga, melon, buah beri, dan alpukat.